PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 02 GUNUNGGAJAH

Retna , Ningsih (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 02 GUNUNGGAJAH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Retna ningsih.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Gununggajah menggunakan kartu angka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus dalam tindakan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di TK Pertiwi 02 Gununggajah yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni tahun pelajaran 2011-2012.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B meningkat menggunakan kartu angka. Hasil rata-rata pencapaian jumlah anak yang memiliki kemampuan mengenal konsep bilangan sebelum menggunakan kartu angka masih pada kriteria kurang baik yaitu 20% anak mampu dengan rata-rata persentase 60,55%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 40% dengan rata-rata persentase 64,72% sampai dengan siklus II terjadi peningkatan menjadi 80% dengan rata-rata persentase 84,72%. Menggunakan kartu angka sampai pada siklus II telah berhasil meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan sebanyak 16 anak yaitu 80% dari jumlah anak. Peningkatan ini diperoleh menggunakan kartu angka yaitu tebak-tebakan dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan kartu angka yang akan digunakan; (2) memberikan tebakan kartu angka; (3) memberikan penjelasan tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kata kunci: Kemampuan mengenal konsep bilangan, kartu angka, kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2012 03:53
Last Modified: 29 Jan 2019 17:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8833

Actions (login required)

View Item View Item