PENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK PADA KELOMPOK B DI TK ABA NANGKOD KEJOBONG, PURBALINGGA

Tri Wahyulis, Setyowati PENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK PADA KELOMPOK B DI TK ABA NANGKOD KEJOBONG, PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Tri wahyulis.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak pada anak kelompok B TK ABA Nangkod Kejobong, Purbalingga. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA Nangkod Kejobong, Purbalingga yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 11 anak putra dan 9 anak putri. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak di TK ABA Nangkod. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui kegiatan mencetak menggunakan pelepah, kertas minyak dan ubi-ubian. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan kreativitas anak secara klasikal pada kriteria rendah yaitu 25%. Pada siklus I meningkat menjadi 35% yaitu pada kriteria kurang tinggi dan pada siklus II mencapai 80% yaitu pada kriteria tinggi. Pada siklus II kreativitas anak telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80% dari 20 jumlah anak telah mencapai indikator kreativitas pada kriteria tinggi. Dengan demikian, kegiatan mencetak dapat meningkatkan kreativitas anak. Kata kunci : kreativitas, kegiatan mencetak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2012 03:53
Last Modified: 29 Jan 2019 17:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8829

Actions (login required)

View Item View Item