Pengembangan Digital Interactive Book Berbasis Project untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Pada Siswa SD.

Rochmah, Evy Nur and Surjono, Herman Dwi (2025) Pengembangan Digital Interactive Book Berbasis Project untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Pada Siswa SD. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_evy nur rochmah_21703261051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk Digital Interactive Book Berbasis Project untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada siswa SD, (2) menguji kelayakan produk Digital Interactive Book Berbasis Project untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada siswa SD, (3) menguji kepraktisan produk Digital Interactive Book Berbasis Project untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Pada Siswa SD, dan (4) menguji keefektifan produk Digital Interactive Book Berbasis Project untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Pada Siswa SD. Desain model pengembangan menggunakan ADDIE yang meliputi analysis, desain, development, implementation, and evaluation. Validasi kelayakan produk dilakukan oleh 2 validator ahli Media dan 2 ahli materi. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli evaluasi dan uji instrumen ke lapangan dengan 25 siswa di SD Deresan. Uji coba one-to-one dilakukan di SDN Kasihan dengan 9 siswa, uji coba small trial dilakukan di SDN Vidya Qasana dengan 20 siswa, dan Uji coba Field Trial dilakukan di SDN Sendangadi 1 dengan 28 siswa. Uji keefektifan produk dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan one group pretest-post-test design dengan sampel berjumlah 100 siswa kelas 2 sekolah dasar di SDN Demangan 2 kelas sebagai kelompok kontrol dan SDN Sokowaten Baru 2 kelas sebagai kelompok eksperimen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif, kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan (1) Produk Digital Interactive Book Berbasis Project yang dikembangkan menggunakan tahap ADDIE. (2) Hasil uji kelayakan produk Digital Interactive Book Berbasis Project melalui V-Aiken dengan kategori sangat layak yakni 96,59% dari ahli materi dan sangat layak dari ahli Media sebesar 96,04%. (3) Hasil uji kepraktisan dari guru sebesar 91,81% artinya produk Digital Interactive Book berbasis Project sangat praktis.(4) Produk Digital Interactive Book Berbasis Project juga teruji efektif diterapkan pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SD. Hasil uji independenst t-test menunjukkan sign.2 tiled 0,000 atau nilainya <0,005 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Data tersebut juga diperkuat juga dengan hasil penilaian rata-rata di kelompok eksperimen sebesar 37,16 dibandingkan kelompok kontrol 27,68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Digital Interactive Book berbasis Porject ini layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Digital Interactive book, buku berbasis project, berpikir kritis, berpikir kreatif, siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2025 08:47
Last Modified: 30 Oct 2025 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88271

Actions (login required)

View Item View Item