Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa SMK Berdasar Ajaran Tamansiswa.

Astuti, Nuryani Dwi and Hajaroh, Mami (2025) Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa SMK Berdasar Ajaran Tamansiswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_nuryani dwi astuti_22701261033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan tahap-tahap prosedur pengembangan instrumen pengukuran karakter Profil Pelajar Pancasila siswa SMK pada mata pelajaran matematika berdasarkan Ajaran Tamansiswa, (2) mendeskripsikan konstruk instrumen instrumen pengukuran karakter Profil Pelajar Pancasila siswa SMK pada mata pelajaran matematika berdasarkan Ajaran Tamansiswa, (3) menguji kualitas instrumen pengukuran karakter Profil Pelajar Pancasila siswa SMK pada mata pelajaran matematika berdasarkan Ajaran Tamansiswa, dan (4) mengukur dan mendeskripsikan karakter Profil Pelajar Pancasila siswa SMK pada mata pelajaran matematika berdasarkan Ajaran Tamansiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Uji validitas isi dilakukan dengan indeks V Aiken, sedangkan reliabilitas diukur menggunakan Cronbach Alpha dan Omega. Validitas konstruk dinilai melalui analisis faktor konfirmatori. Analisis item melibatkan model IRT: analisis dikotomi 1PL untuk aspek kognitif serta model GRM untuk aspek afektif dan psikomotorik. Responden uji coba sebanyak 223 siswa kelas XI SMK di Kota Yogyakarta, dan implementasi dilakukan pada 700 siswa dari enam SMK di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian yaitu (1) prosedur pengembangan instrumen NYAMAN￾HATI meliputi Normalkan Konsep (Studi literatur & observasi), Yakinkan Desain (Penyusunan instrumen), Ahli Validasi (Uji pakar & FGD), Manfaatkan Data (Uji coba lapangan), Analisis Mendalam (Butir instrumen), Nilai Hasil (Pengukuran & interpretasi), Hasil Akhir (Buku panduan); (2) instrumen tersebut dikonstruksi berdasarkan enam dimensi utama: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, sesuai indikator Ajaran Tamansiswa. Instrumen tersebut terdiri atas kognitif (tes pilihan ganda sebanyak 22 butir soal), afektif (angket berisi 21 butir pernyataan), psikomotorik (angket berisi 17 butir pernyataan). (3) kualitas instrumen yang dihasilkan sangat baik, dengan validitas isi (Aiken’s V = 0,983), reliabilitas (Cronbach Alpha = 0,883; Omega = 0,887). (4) hasil pengukuran karakter Pelajar Pancasila menunjukkan bahwa 47,43% responden berada dalam kategori membudaya, 7,29% berada dalam kategori berkembang, 4,86% responden termasuk dalam kategori mulai berkembang, dan 40,43% berada dalam kategori memerlukan bimbingan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: :Ajaran Tamansiswa, instrumen pengukuran, karakter Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:18
Last Modified: 22 Oct 2025 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88166

Actions (login required)

View Item View Item