Talitha, Uke Syahda and Sudira, Putu (2025) EVALUASI SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM PROGRAM KEAHLIAN TATA KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT DI SMK KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_uke syahda talitha_23070140007.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) kelengkapan sarana laboratorium, (2) kelengkapan prasarana laboratorium SMK Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut di SMK Kabupaten Sleman yang ditinjau dari Direktorat SMK Kementrian dan kebudayaan 2021 dan (3) kualitas pengelolaan laboratorium mengacu pada indicator-indikator untuk menciptakan laboratorium yang baik menurut direktorat SMK. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan pendekatan kuantitatif. Model discrepancy digunakan untuk menggambarkan kesenjangan sarana dan prasarana laboratorium antara keadaan real dan kriteria. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 9 guru dan 100 peserta didik kelas XI dan XII pada SMK N 2 Godean dan SMK YPKK 3 Sleman yang menggunakan laboratorium langsung. Objek penelitian yaitu laboratorium SMK Program Kompetensi Keahlian Tata kecantikan Kulit dan Rambut di Kabupaten Sleman. Pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelengkapan prasarana laboratorium SMK N 2 Godean pada kompetensi keahlian Tata kecantikan Kulit dan Rambut di Kabupaten Sleman sebesar 62% dan SMK YPKK 3 Sleman sebesar 37%. (2) Kelengkapan sarana di SMK N 2 Godean ruang praktik perawatan wajah sebesar 68% ruang praktik perawatan rambut sebesar 78%, ruang praktik rias wajah dan nail art sebesar 65% dan kelengkapan saraana di SMK YPKK 3 Sleman ruang praktik perawatan wajah sebesar 60%; ruang praktik perawatan rambut sebesar 46%, ruang praktik rias wajah dan nail art sebesar 40%. (3) Penerapan pengelolaan laboratorium berdasarkan Direktorat SMK di SMK 2 N 2 Godean telah tercukupi walaupun ada beberapa yang harus lebih baik lagi seperti kebersihan, perlengkapan K3, dan pembiasaan penerapan K3. dan di SMK YPKK 3 Sleman masih ada beberapa yang belum tercukupi, harus melengkapi sarana dan prasarana, perlengkapan K3, menjaga kebersihan, dan penerapan K3 pada saat praktik.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | evaluasi, laboratorium, sarana dan prasarana, sekolah menengah kejuruan |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:52 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:52 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
