Kesulitan Dalam Belajar Senam Lantai Guling Belakang Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 7 Yogyakarta

Stagib, Muhammad Fayyadh Nur (2025) Kesulitan Dalam Belajar Senam Lantai Guling Belakang Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 7 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_muhammad fayyadh nur stagib_19601241065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik kelas VII dalam belajar senam lantai guling belakang di SMP Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang diteliti meliputi seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta, yang berjumlah 191 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes yang disebarkan melalui platform google form. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase distribusi respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan dalam belajar senam lantai guling belakang pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 7 Yogyakarta dipengaruhi oleh faktor eksternal terutama di lingkungan sekolah dimana hasil yang didapatkan adalah 95 peserta didik atau nilai presentase sebesar 49,74% dan masuk kategori sulit, dan masih kesulitan melakukan senam lantai guling belakang dikarenakan masih terkendala pada sarana dan prasarana yang belum lengkap..

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ari Iswanto, M.Or.
Uncontrolled Keywords: tingkat kesulitan, Belajar, senam lantai, guling belakang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:55
Last Modified: 04 Nov 2025 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87838

Actions (login required)

View Item View Item