PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU DI KELAS VII C SMP N 5 WATES

Seno, Sudrajat (2012) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU DI KELAS VII C SMP N 5 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 - 08416241014.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08416241014.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08416241014.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08416241014.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08416241014.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui langkah-langkah yang efektif dalam penerapan pembelajaran IPS melalui pembelajaran terpadu. (2) Mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui pembelajaran terpadu di Kelas VII C SMP N 5 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan hingga mencapai keberhasilan pada saat siklus III. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian dalam penelitian ini siswa kelas VII C SMP N 5 Wates yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar siswa. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah yang efektif dalam menerapkan pembelajaran IPS melalui pembelajaran terpadu meliputi tiga langkah yang pertama ialah perencanaan yang terdiri dari pemetaan kompetensi dasar, membuat tema yang sesuai dengan pemetaan, membuat silabus, dan membuat RPP. Langkah selanjutnya adalah pelaksanaan pembelajaran di kelas yang terdiri dari melaksanakan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Langkah terakhir dalam pembelajaran terpadu adalah melakukan evaluasi pembelajaran. (2) Pembelajaran IPS melalui pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas yang ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dan pencapaian kompetensi siswa di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat siklus I rata-rata aktivitas siswa mencapai 61,9% dan masuk dalam kategori cukup, siklus II dengan rata-rata sebesar 70,8% masuk dalam kategori baik, dan di siklus III dengan rata-rata sebesar 77,70% masuk dalam kategori baik. Peningkatan kompetensi siswa pada saat siklus I melalui hasil post tes baru mencapai rata-rata 60,63. Pada saat siklus II, hasil rata-rata post tes siswa mencapai 70,00. Pada saat siklus III rata-rata hasil post tes siswa mencapai 70,34 dan masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, pembelajaran IPS, pembelajaran terpadu
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 02:15
Last Modified: 29 Jan 2019 17:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8780

Actions (login required)

View Item View Item