MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD NEGERI MARGOAGUNG SEYEGAN SLEMAN

Fitriyani, Fitriyani (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD NEGERI MARGOAGUNG SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 09108247080.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 09108247080.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 09108247080.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 09108247080.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 09108247080.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif siswa kelas IV SD Negeri Margoagung Seyegan Sleman melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas berkolaborasi dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Margoagung Seyegan Sleman tahun ajaran 2011/2012 deng an jumlah 25 siswa. Objek penelitiannya adalah meningkatkan hasil belajar I PS kelas IV SD Negeri Margoagung menggunakan pemb elajaran Contextual Teaching and Learning. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini diawali dengan pra tindakan, tindakan pada siklus I dan siklus II. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan post tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar siswa rendah. Terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa dari sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Sebelum diberikan tindakan siswa yang mendapat nilai ≤ 65 ada 17 siswa (68%) da n yang mendapatkan nilai ≥ 65 ada 8 siswa (32%) dengan rata-rata kelas 59,16. Setelah diberikan tindakan yaitu siklus I, yang mendapat nilai ≤ 65 ada 10 si swa (40%) dan yang mendapatkan nilai ≥ 65 ada 15 siswa (60% ) dengan rata-rata kela s meningkat menjadi 64. Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus II, yang mendapat nilai ≤ 65 sebanyak 2 siswa (8%), sedangkan yang mendapat nilai ≥ 65 ada 23 siswa (92%) dengan rata-rata kelas meningkat menjadi 73,4. Kata kunci : hasil belajar, Pembelajaran C ontextual Teaching and Learning (CTL), SD N Margoagung Seyegan sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Pembelajaran C ontextual Teaching and Learning (CTL), SD N Margoagung Seyegan sleman.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 17:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8779

Actions (login required)

View Item View Item