Rose , Mareta (2012) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1 - 08402244010.pdf Download (925kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08402244010.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08402244010.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08402244010.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 08402244010.pdf Download (882kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2010. Perkembangan internet juga menjadi salah satu media dalam belajar. Dengan internet semua informasi bisa diakses dengan mudah. Fasilitas kemudahan yang diberikan akan membuat mahasiswa lebih terdorong untuk mengetahui perkembangan internet. Adanya ketertarikan dalam kegiatan perkuliahan akan membuat mahasiswa terpacu ingin mendapatkan prestasi yang baik. Prestasi merupakan tingkat keberhasilan yang dicapai seseorang untuk tujuan tertentu. Salah satu faktor yang membuat keberhasilan prestasi belajar yaitu media belajar yang menarik Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif karena informasi atau data diwujudkannya dalam bentuk angka dan analisisnya. Dilihat dari jenis permasalahnnya merupakan penelitian Ex Post facto yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2010 berjumlah 88 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbanch. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa digunakan teknik analisis regresi sederhana dengan tingkat signifikasi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2010. Berdasarkan hasil yang diperoleh untuk variabel prestasi belajar mahasiswa tergolong ke kategori sedang, dan untuk variabel penggunaan internet sebagai media belajar termasuk kategori sedang. Pola hubungan antar variabel berbentuk linier. Kata kunci : internet, media belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | internet, media belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran Perpustakaan |
Divisions: | Perpustakaan Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 13 Dec 2012 02:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |