IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012

FEBRIAN WIDYA, KUSUMA (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08403244018.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08403244018.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08403244018.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08403244018.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08403244018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi dan mengetahui respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan, serta analisis data kuantitatif yakni penilaian aktivitas belajar Akuntansi dan respons siswa terhadap implementasi pembelajaran Think Pair Share. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi yang diperoleh dari indikator membaca materi, mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman, mengemukakan pendapat atau gagasan saat diskusi kelompok atau presentasi kelompok, menanggapi pendapat orang lain, memperhatikan atau mendengarkan penjelasan materi dari guru dan teman lain, membuat catatan, melakukan diskusi dalam kelompok, mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru, dan kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar Akuntansi yakni 65,32% pada siklus I menjadi 88,55% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar Akuntansi juga terlihat dari skor rata-rata angket yang menujukkan angka sebesar 75,42% pada siklus I, dan meningkat menjadi 91,75% pada siklus II. Hasil wawancara untuk aktivitas belajar Akuntasi menunjukkan bahwa selama pembelajaran berlangsung, seluruh indikator menunjukkan skor di atas 75%. Respons siswa terhadap pembelajaran Think Pair Share adalah positif. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dipeoleh dari angket dengan menggunakan empat indikator respons yakni ketertarikan, manfaat, kendala, serta harapan dan saran untuk model pembelajaran Think Pair Share menunjukkan skor rata-rata 76,43%. Hasil angket ini juga didukung dari hasil wawancara yang diperoleh. Hasil wawancara dari seluruh indikator respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menunjukkan skor di atas 90%. Kata kunci : aktivitas belajar Akuntansi, respons, TPS, SMA Negeri 2 Wonosari

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar Akuntansi, respons, TPS, SMA Negeri 2 Wonosari
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 02:08
Last Modified: 29 Jan 2019 17:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item