PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Fauki , Cahya (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08402244042.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08402244042.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08402244042.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08402244042.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08402244042.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar, 2) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar, 3) Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan subyek penelitian siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 91 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Uji coba instrumen yang berjumlah 46 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri dengan variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui kedua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat digunakan analisis regresi ganda dengan dua prediktor. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar ditunjukkan dengan lebih besar dari dengan N = 91 pada taraf signifikansi 5% (8,593>2,000) dan koefisien korelasi sebesar 0,673; 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar ditunjukkan dengan lebih besar dari dengan N= 91 (7,953>2,000) dan koefisien korelasi sebesar 0,645; 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar, hal tersebut ditunjukkan dari lebih besar dari (62,700>3,44) dan koefisien determinasi sebesar 0,588. Sedangkan sumbangan efektif masing-masing variabel yaitu sebesar 58,8%, untuk variabel motivasi belajar 31,9%, dan untuk variabel lingkungan keluarga 26,9%, sedangkan sumbangan relatif atau sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 17:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8765

Actions (login required)

View Item View Item