UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING ATAS MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI TUNJUNG LOR KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

Kusrini, Kusrini (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING ATAS MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI TUNJUNG LOR KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab1 -NIM 10604227432.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 -NIM 10604227432.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 -NIM 10604227432.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -NIM 10604227432.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -NIM 10604227432.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan pembelajaran Passing atas dengan pendekatan bermain pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Tunjung Lor Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 70 menit. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Tunjung Lor Jatilawang Banyumas, yang berjumlah 28 anak dengan 20 putra dan 8 putri. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan siswa dalam pembelajaran passing atas dilihat dari proses dan hasil pembelajaran siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan pengamatan langsung pada saat pembelajaran yang terdiri atas : pendahuluan, inti, dan penenangan oleh peneliti bersama kolabolator, dengan mengunakan lembar observasi dan tes keterampilan passing atas siswa yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pemberian model bermain. Teknik analisis data yang digunakan adalah tekstual analisis. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pembelajaran passing atas yang dilakukan dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri Tunjung Lor Jatilawang Banyumas, secara kualitatif bahwa hasil observasi terhadap afektif siswa dalam mengikuti pembelajaran passing atas pada setiap pertemuan selalu ada peningkatan dengan kategori baik. Sedangkan secara kuantitatif diakhir pertemuan menunjukkan nilai rata-rata kelas tuntas KKM 75 yaitu nilai rata-rata kelas mencapai 77,25. Dengan jumlah siswa yang sudah mencapai KKM (Tuntas) ada 26 siswa, dan yang belum mencapai KKM (Belum Tuntas) ada 2 siswa. Kata kunci: pembelajaran, passing atas, bermain

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, passing atas, bermain
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 17:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8749

Actions (login required)

View Item View Item