PANDANGAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) TERHADAP KESULITAN DAN MANFAAT PRAKTIK KEPENDIDIKAN (PK): SEBUAH STUDI SURVEI KUALITATIF

Dwicahya, Regi (2025) PANDANGAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) TERHADAP KESULITAN DAN MANFAAT PRAKTIK KEPENDIDIKAN (PK): SEBUAH STUDI SURVEI KUALITATIF. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Lengkap_Regi Dwicahya.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pandangan mahasiswa Bimbingan dan Konseling (BK) terhadap kesulitan yang mereka alami selama melaksanakan Praktik Kependidikan (PK); dan (2) Mengetahui pandangan mahasiswa BK terhadap manfaat yang mereka peroleh selama menjalankan Praktik Kependidikan (PK). Penelitian ini berangkat dari kesenjangan antara tujuan ideal PK sebagai pembentukan kompetensi profesional mahasiswa dengan realita pelaksanaannya di lapangan yang masih diwarnai oleh berbagai kesulitan, meskipun juga memberikan banyak manfaat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain survei kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semistruktur. Subjek penelitian adalah 7 mahasiswa program studi BK Universitas Negeri Yogyakarta yang telah melaksanakan PK semester gasal tahun 2024, dipilih menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April - Mei 2025 di berbagai lokasi PK, termasuk sekolah di dalam dan luar negeri. Data dianalisis menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi berbagai kesulitan seperti keterbatasan waktu, perbedaan budaya dan bahasa, kesulitan pengaplikasian teori ke praktik, serta kurangnya bimbingan guru pamong. Di sisi lain, mahasiswa juga merasakan manfaat signifikan dari PK, termasuk peningkatan kepercayaan diri, pemahaman terhadap dinamika sekolah, penguatan keterampilan interpersonal, serta kemampuan mengintegrasikan teori ke dalam praktik nyata. Penelitian ini menyarankan agar institusi lebih memperkuat sistem pembekalan dan supervisi untuk meningkatkan efektivitas PK sebagai sarana pembentukan profesionalisme calon konselor. Kata Kunci: Praktik Kependidikan, Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Kesulitan, Manfaat, Survei Kualitatif,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Regi Dwicahya 21104249003
Date Deposited: 03 Oct 2025 11:25
Last Modified: 29 Oct 2025 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87482

Actions (login required)

View Item View Item