PENGECATAN ULANG MOBIL MITSUBISHI GALANT II TAHUN 1981 BAGIAN SAMPING KANAN

HERI SRI, MULYANTO (2012) PENGECATAN ULANG MOBIL MITSUBISHI GALANT II TAHUN 1981 BAGIAN SAMPING KANAN. D3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08509131038.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08509131038.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08509131038.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08509131038.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08509131038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proyek akhir ini bertujuan untuk dapat merancang pengecatan ulang, dapat melakukan pengecatan ulang, dan dapat mengetahui hasil pengecatan ulang mobil Mitsubishi Galant II tahun 1981 bagian samping kanan. Proses pengecatan ulang mobil tersebut dibagi dalam beberapa tahap yaitu identifikasi masalah, merancang proses pengecatan ulang, proses pengecatan ulang, dan penilaian. Proses pengecatan ulang dimulai dari proses persiapan permukaan, aplikasi cat warna dan clear, dan proses pemolesan dan pengkilapan. Pekerjaan pertama persiapan permukaan adalah aplikasi cat primer, selanjutnya mengelupas cat lama dengan cara diamplas, aplikasi dempul dan pengamplasan dempul, terakhir aplikasi epoxy surfacer. Warna cat yang digunakan abu-abu metalik, pengecatan dilakukan di luar ruangan, setelah pengecatan cat warna selesai selang waktu sekitar 2 jam dilanjutkan aplikasi cat clear. Tiga hari setelah cat kering dilakukan pemolesan dengan compound yang digosokkan dengan tangan menggunakan kain halus. Metode pengkilapan sama seperti pemolesan, pengkilapan menggunakan pasta pengkilap. Rancangan pengerjaan pengecatan ulang mobil Mitsubishi Galant II tahun 1981 ini meliputi rancangan prosedur pengecatan, rancangan kebutuhan alat, rancangan kebutuhan bahan, rancangan kalkulasi biaya, rancangan waktu pengerjaan serta rancangan penilaian. Proses pengecatan ulang mobil dimulai dari pekerjaan membersihkan karat dan mengaplikasikan cat primer, mengelupas cat lama dengan amplas grit #100, mendempul bagian-bagian yang penyok, mengaplikasikan epoxy surfacer, cat warna, masking, aplikasi cat warna, dilakukan 2 lapis dengan jeda waktu 10 menit. Setelah 3 jam dilanjutkan dengan aplikasi clear, dikeringkan selama 3 hari, dilanjutkan dengan pemolesan dan pengkilapan. Setelah pengecatan ulang mobil dilakukan, diketahui hasilnya yaitu aplikasi cat primer dan pengelupasan lapisan cat lama adalah baik sedangkan pendempulan pada nut kurang rata dan hasil dari pengecatan terdapat banyak cacat bintik. Berdasarkan lembar penilaian hasil dari pengecatan ulang mobil kualitas hasil pengecatan masuk dalam kategori kurang baik dengan nilai 86,3, sedangkan kesempurnaan dari cacat cat mendapatkan nilai 1,33 masuk dalam kategori sedikit ada kecacatan.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8738

Actions (login required)

View Item View Item