Pola Pendampingan Praktik Kerja Lapangan dalam Pengembangan Kompetensi Siswa pada Bengkel Resmi Roda Empat

Ahmadi, Syifa and Sudira, Putu (2025) Pola Pendampingan Praktik Kerja Lapangan dalam Pengembangan Kompetensi Siswa pada Bengkel Resmi Roda Empat. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_syifa ahmadi_23070140016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kompetensi pendamping praktik kerja lapangan (PKL) dalam meningkatkan kompetensi keahlian siswa, (2) metode pendamping PKL dalam meningkatkan kompetensi keahlian siswa, (3) peningkatan kompetensi siswa selama pelaksanaan PKL, (4) metode pendamping PKL dalam menambah kompetensi siswa, dan (5) kompetensi tambahan yang diperoleh siswa selama pelaksanaan PKL di bengkel resmi roda empat. Penelitian ini dilaksanakan di Mercedes-Benz Semarang, Honda Eiyu Indramayu, KIA Pekalongan, Hyundai Adisucipto Sleman, Toyota Auto2000 Pramuka Jakarta, Wuling Cikarang Barat Bekasi, dan Nissan Datsun Kedawung Cirebon. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala bengkel, kepala teknisi, teknisi, dan siswa. Alat-alat untuk pengumpulan data antara lain alat perekam suara, kamera foto, buku catatan lapangan, dan laptop. Data divalidasi melalui triangulasi metode, triangulasi teori, dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif model Miles & Huberman melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan seluruh teknisi dan kepala regu teknisi yang merangkap sebagai pendamping PKL memiliki kompetensi teknikal mulai dari tingkat dasar sampai master sesuai dengan standar perusahaan, akan tetapi tidak semua pendamping PKL memiliki kompetensi metodologi pelatihan kerja dan peraturan pemagangan. Pendamping PKL meningkatkan kompetensi siswa dengan metode pendampingan tiga tahap, yaitu sinkronisasi, kolaborasi, dan mandiri. Selama pelaksanaan PKL, siswa mengalami peningkatan kompetensi pemeliharaan mesin, sasis, serta pemindah tenaga dan kelistrikan, akan tetapi tidak terdapat peningkatan pada kompetensi produk kreatif dan kewirausahaan. Pendamping PKL menambah kompetensi siswa dengan metode pendampingan dua tahap, yaitu sinkronisasi dan kolaborasi, namun khusus pendampingan kompetensi mobil listrik hanya dilakukan dengan metode sinkronisasi. Selama pelaksanaan PKL, siswa memperoleh tambahan kompetensi penggunaan alat khusus scanner dan service manual, kompetensi perawatan mobil listrik, serta kompetensi sikap mental dan leadership.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kolaborasi, kompetensi, mandiri, pendamping, PKL, sikronisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:37
Last Modified: 15 Jul 2025 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87366

Actions (login required)

View Item View Item