Dewanto, Satriyo Agung and Sudira, Putu (2025) Heutagogy dalam Strategi Belajar “Kang Kastem”. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_satriyo agung dewanto_21702261018.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pendekatan heutagogy dalam pembelajaran modifikasi diecast yang dilakukan oleh modifikator diecast atau "Kang Kastem", yang difokuskan pada eksplorasi filosofi yang melandasi proses belajar, proses belajar berbagai genre diecast, perjalanan perkembangan kapabilitas modifikasi diecast Kang Kastem dari tahap awal hingga mencapai orisinalitas, proses interpretasi karya, dan penggunaan instrumen dalam proses modifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan naratif. Penelitian dilakukan di Yogyakarta, Solo, Semarang, Pasuruan, Malang, Surabaya, dan Jakarta dengan subjek utama adalah modifikator diecast yang telah diakui di komunitas lokal dan internasional. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, dengan keabsahan data melalui triangulasi data, member check, dan peer debriefing. Analisis data naratif dilakukan dengan cara mengatur data, membaca seluruh data, membuat koding dengan dukungan software Nvivo 12, mendeskripsikan cerita ke dalam kronologi, mengidentifikasi materi kontekstual, menceritakan kembali, dan memaknai cerita secara keseluruhan melalui analisis wacana hermeneutika Gadamer. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Filosofi hidup yang mendasari prinsip dalam berkarya meliputi thomistikisme, idealisme, esensialisme, dan pragmatisme. Dengan pendekatan ini, Kang Kastem menggunakan keahlian dari TVET untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan pribadi tetapi juga berkontribusi pada masyarakat yang lebih luas. (2) Strategi pembelajaran berperan penting dalam kustomisasi diecast dan memungkinkan pengembangan karya yang lebih efisien dan efektif melalui eksplorasi pribadi dan interaksi komunitas di luar pengajaran formal. (3) Kang Kastem diecast berhasil menerapkan prinsip konstruktivisme, self-directed learning, cybergogy, dan konektivisme dalam mengembangkan keterampilannya dalam modifikasi diecast. (4) Berdasarkan prinsip hermeneutika Gadamer, interpretasi Kang Kastem menciptakan ruang dialog antara pembuat dan pengamat, menghasilkan karya yang tidak hanya memenuhi standar teknis tetapi juga memiliki nilai estetika dan emosional yang dalam. Melalui pendekatan yang holistik, yang mencakup prinsip kognisi, adaptasi, sensitivitas, teknologi, ekspresi, dan motivasi (KASTEM). (5) Kang Kastem menggunakan berbagai instrumen khusus dalam proses penciptaan karyanya. Setiap alat memiliki peran penting dalam menjamin kualitas dan akurasi, sehingga memungkinkannya mengekspresikan kreativitasnya dengan presisi teknis. Tiga aspek utama yang dipertimbangkan dalam penggunaan alat dan teknik adalah ciri visual khas, penyesuaian dengan tren pasar dan permintaan kolektor, serta karakter karya.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | andragogy, cybergogy, heutagaogy, Kang Kastem, peergogy |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Pendidikan > Media Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:19 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 03:19 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
