UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TREKO MUNGKID MAGELANG

Purjono, Purjono (2012) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TREKO MUNGKID MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -NIM 10604227059.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -NIM 10604227059.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -NIM 10604227059.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -NIM 10604227059.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -NIM 10604227059.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan proses pembelajaran lompat jauh melalui pendekatan bermain pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Treko Mungkid Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 1 siklus. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus dengan dua kali pertemuan. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Treko yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan guru, hasil evaluasi lompat jauh siswa, dan angket (tanggapan siswa terhadap pembelajaran). Analisis data menggunakan tehnik data lembar observasi, data hasil evaluasi siswa, data lembar angket. Data observasi dan angket disajikan secara deskriptif sedangkan analisis hasil evaluasi dihitung rataratanya dan dihitung persentase ketuntasannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% siswa telah lulus KKM, sehingga pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil dari proses pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Treko Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Berdasarkan data hasil tes pada akhir siklus menunjukkan rata-rata kelas yang menggunakan pendekatan bermain meningkat dibandingkan nilai sebelum menggunakan pendekatan bermain yaitu 67,6 (57% siswa yang tuntas) meningkat menjadi 79,76 (100% tuntas), nilai tersebut sudah melebihi KKM yang ditentukan dan memenuhi target yang diinginkan, selain itu hasil jawaban angket, siswa merasa senang dengan proses pembelajaran yang diberikan guru. . Kata kunci: Peningkatan lompat jauh, pendekatan bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan lompat jauh, pendekatan bermain.
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 17:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item