Nurbaiti, Yustika and Wagiran, Wagiran (2024) Implementasi Sarana dan Prasarana Berbasis Teknologi Digital dalam Pembelajaran Vokasional di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi di SMK Program Keahlian Multimedia). S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_yustika nurbaiti_22702251008.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi teknologi digital dalam pembelajaran vokasional di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) program keahlian multimedia di Daerah Istimewa Yogyakarta pada aspek (1) kesiapan penggunaan teknologi digital, (2) perencanaan penggunaan teknologi digital, (3) proses pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi digital, (4) assessment pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi digital, (5) dokumentasi/raport pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi digital dalam pembelajaran vokasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Program Keahlian Multimedia SMKN 2 dan SMKN 7 Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan angket serta melalui observasi dan wawancara. Instrumen divalidasi melalui expert judgement (validator dosen) dan Aikens V. Estimasi reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang kemudian diberi makna. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kesiapan penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran vokasional masuk ke dalam kategori “baik” dengan presentase 81,9%. (2) Perencanaan penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran vokasional masuk ke dalam kategori “baik” presentase 64,3%. (3) Proses pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi digital dalam pembelajaran vokasional, masuk ke dalam kategori “baik” dengan presentase 69,52%. (4) Assessment pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi digital dalam pembelajaran vokasional masuk dalam kategori “baik” dengan presentase 69,52%. (5) Dokumentasi pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi digital dalam pembelajaran vokasional masuk dalam kategori “cukup baik” dengan prsentase 40%. Perhatian khusus masih perlu diberikan pada penyempurnaan dan memastikan bahwa semua aspek implementasi teknologi dapat memenuhi standar yang diharapkan, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan akurasi pelaporan yang mendukung evaluasi dan pengembangan berkelanjutan dalam khususnya pada program keahlian Multimedia.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | multimedia, pembelajaran vokasional, teknologi digital |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Pendidikan > Teknologi Pendidikan Vocational |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:37 |
| Last Modified: | 03 Jun 2025 07:37 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
