Pengaruh Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan, Kualitas Pembelajaran Berorientasi Pekerjaan, dan Pengalaman Kewirausahaan dari Guru Pengajar terhadap Mental Kewirausahaan Siswa SMK Negeri di Kabupaten Nganjuk.

Rifai, Muhammad Sofyan and Sudira, Putu (2024) Pengaruh Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan, Kualitas Pembelajaran Berorientasi Pekerjaan, dan Pengalaman Kewirausahaan dari Guru Pengajar terhadap Mental Kewirausahaan Siswa SMK Negeri di Kabupaten Nganjuk. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_muhammad sofyan rifai_22702254011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh: (1) pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) terhadap mental kewirausahaan siswa; (2) kualitas pembelajaran berorientasi pekerjaan; (3) pengalaman kewirausahaan dari guru pengajar; dan (4) PKL, kualitas pembelajaran berorientasi pekerjaan, dan pengalaman kewirausahaan dari guru pengajar terhadap mental kerwirausahaan siswa sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini terdiri dari populasi daerah yang meliputi dua SMKN pusat keunggulan bidang teknologi dan agribisnis di Kabupaten Nganjuk, yaitu SMKN 1 Tanjunganom dan SMKN 1 Gondang. Subjek penelitian ini meliputi 14 guru pengajar kejuruan, dan 14 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan skala Likert yang divalidasi melalui expert judgement. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh pelaksanaan praktik kerja lapangan terhadap mental kewirausahaan siswa sebesar 52,7%. (2) Terdapat pengaruh kualitas pembelajaran berorientasi pekerjaan terhadap mental kewirausahaan siswa sebesar 79,3%. (3) Terdapat pengaruh pengalaman kewirausahaan dari guru pengajar terhadap mental kewirausahaan siswa, sebesar 72%. (4) Terdapat pengaruh pelaksanaan praktik kerja lapangan, kualitas pembelajaran berorientasi pekerjaan, pengalaman kewirausahaan dari guru pengajar secara bersama-sama terhadap mental kewirausahaan siswa sebesar 60,9%. Hasil tersebut menjadi masukan dan perlu ditindaklanjuti oleh pengambil kebijakan sebagai bahan untuk menyusun program terkait pembentukan mental kewirausahaan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kewirausahaan, mental, pembelajaran berorientasi pekerjaan, PKL.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 May 2025 08:11
Last Modified: 28 May 2025 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87028

Actions (login required)

View Item View Item