Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terintegrasi TPACK terhadap Kemampuan Berpikir Analisis dan Kreatif Siswa SMK Mitra Industri MM2100.

Priatama, Muhamad Hafidz Firdaus and Sofyan, Herminarto (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terintegrasi TPACK terhadap Kemampuan Berpikir Analisis dan Kreatif Siswa SMK Mitra Industri MM2100. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_muhamad hafidz firdaus priatama_22702254008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbedaan kemampuan berpikir analisis dan kreatif antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terintegrasi TPACK dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment dan melibatkan dua kelas: kelas X TSM 3 dengan 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TSM 4 dengan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan t- test independen. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir analisis dan kreatif antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL terintegrasi TPACK dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pada kemampuan berpikir analisis, nilai t-hitung adalah 3,320 dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,002, yang menunjukkan perbedaan signifikan. Untuk kemampuan berpikir kreatif, kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 63,667, sedangkan kelas kontrol 54, dengan nilai t-hitung 2,645 dan Sig.(2-tailed) 0,010, yang juga menunjukkan perbedaan signifikan. Oleh sebab itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK memiliki kemampuan berpikir kreatif dan analisis yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir analisis, kemampuan berpikir kreatif, PBL, TPACK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 May 2025 08:05
Last Modified: 28 May 2025 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87027

Actions (login required)

View Item View Item