Efendi, Nursid (2025) Tingkat Kemampuan Biomotorik dan Keterampilan Bermain Futsal Peserta Ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Wates. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
![]() |
Text
fulltext_nursid efendi_20601244129.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan biomotorik dan keterampilan bermain futsal pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Wates. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Wates. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 20 peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Instrumen penelitian meliputi Barrow Motor Ability Test untuk mengukur kemampuan biomotorik dan Games Performance Assessment Instrument (GPAI) untuk menilai keterampilan bermain futsal. Validitas instrument kemampuan biomotorik meliputi 1). Standing Board Jump 0,774 dan Rehabilitas 0,643 2). Softball Throw 0,811 dan Rehabilitas 0,626 3). Zigzag Run 0,558 dan Rehabilitas 0,729 4). Wall Pass 0,460 dan Rehabilitas 0,760 5). Medicine Ball Put 0,761 dan Rehabilitas 0,649 6) Lari 60 Yard Dash 0,557 dan Rehabilitas 0,729. Validitas instrumen keterampilan bermain futsal meliputi 1). Home Base 0,5 2). Adjust 0,6 3). Decision Making 0,6 4). Skill Execution 0,6 5). Support 0,6 6). Cover 0,4 7). Guard Of Mark 0,5. Sedangkan untuk Rehabilitasnya adalah 0,68. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif menggunakan persentase untuk menginterpretasikan tingkat kemampuan biomotorik dan keterampilan bermain futsal para peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes Barrow Motor Ability Test, nilai rata-rata (mean) peserta adalah 50, dengan distribusi sebagai berikut: 2 peserta didik (10%) tergolong sangat tinggi, 4 peserta didik (20%) tergolong tinggi, 9 peserta didik (45%) tergolong sedang, 4 peserta didik (20%) tergolong rendah, dan 1 peserta didik (5%) tergolong sangat rendah. Pada tes GPAI, hasil menunjukkan bahwa 2 peserta didik (10%) berada dalam kategori kurang sekali, 5 peserta didik (25%) dalam kategori kurang, 5 peserta didik (25%) dalam kategori cukup, dan 8 peserta didik (40%) dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan biomotorik peserta didik berada di kategori sedang, sementara pada keterampilan bermain futsal peserta didik berada di kategori baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yudanto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan biomotorik, futsal, ekstrakurikuler |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:29 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |