Mardiansyah, Mardiansyah and Sudira, Putu (2024) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kebekerjaan untuk Bekerja, Melanjutkan Studi, dan Wirausaha di SMK Negeri 1 Dendang. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_mardiansyah_23070140015.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap konsep bekerja, melanjutkan studi, dan berwirausaha setelah peserta didik menyelesaikan pendidikan di sekolah; (2) mempersiapkan kompetensi peserta didik sesuai dengan kebutuhan dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA), dan (3) mempersiapkan peserta didik dalam menentukan orientasi karier bekerja atau melanjutkan studi dan bekerja setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif model desain deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), dan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) di SMK Negeri 1 Dendang. Sumber datanya adalah peserta didik kelas 12. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik pengukuran pemusatan data, yaitu mean, median, dan modus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik SMK Negeri 1 Dendang memiliki pemahaman yang baik tentang pilihan yang tersedia dalam membuat keputusan tentang program kerja. Lima belas item soal memiliki rhitung > rtabel (0,225) yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Siswa sudah memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sifat pribadi peserta didik cocok dengan tuntutan dan harapan dari IDUKA. Program kerja yang efektif dipersiapkan oleh sekolah untuk menyiapkan lulusan siap bekerja, melanjutkan studi, dan berwirausaha, yaitu (1) pengembangan kurikulum berbasis industri membantu peserta didik siap memasuki dunia kerja dengan pengetahuan dan keterampilan relevan; (2) kerjasama dengan industri lokal yang memberikan kesempatan magang, kunjungan lapangan, atau pelatihan sesuai kebutuhan pasar kerja; (3) pembinaan karier dan konseling untuk membantu peserta didik mengeksplorasi pilihan karier, merencanakan langkah-langkah, dan mengatasi tantangan; (4) pelatihan keterampilan soft skills untuk kesuksesan di dunia kerja; (5) program inkubator wirausaha untuk mendukung peserta didik yang berminat berwirausaha dengan pengembangan ide bisnis dan keterampilan kewirausahaan.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | bekerja, SMK Negeri 1 Dendang , P5, wirausaha. |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum Vocational > Business and Management |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 27 May 2025 06:30 |
| Last Modified: | 27 May 2025 06:51 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
