Hermawan, Arsad and Wagiran, Wagiran (2024) Analisis Strategi Promosi Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
tesis_arsad hermawan_21702251055.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap (1) bentuk dari perencanaan promosi fakultas vokasi, (2) pelaksanaan dari promosi fakultas vokasi, (3) cara mengevaluasi promosi fakultas vokasi, dan (4) efektivitas dari promosi fakultas vokasi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dan studi dokumen yang relevan. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif, dimana data yang diperoleh diorganisasikan, dianalisis, dan disajikan dalam bentuk naratif yang rinci. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan strategi promosi dimulai dengan penetapan tujuan promosi yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART), diikuti dengan pengembangan pesan promosi dan pemilihan media promosi, dan diakhiri pengembangan materi promosi. (2) Pelaksanaan promosi melibatkan tim promosi yang terdiri dari staf pemasaran, ahli desain, dan perwakilan fakultas. Kampanye promosi menggunakan berbagai saluran dan kerjasama dengan sekolah menengah. Materi promosi dirancang untuk menyoroti keunggulan fakultas dan manfaat bagi calon mahasiswa dengan bahasa persuasif dan desain yang menarik. (3) Evaluasi strategi promosi bertujuan untuk menilai efektivitas dalam meningkatkan jumlah pendaftar baru, dengan menetapkan tujuan dan kerangka kerja sebagai panduan. Evaluasi dilakukan terhadap target pasar untuk memastikan pesan promosi sesuai dengan kebutuhan audiens. Materi dan saluran promosi dievaluasi berdasarkan desain, isi, dan efektivitas distribusi. (4) Strategi promosi yang diterapkan oleh Fakultas Vokasi UNY terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru serta memperbaiki citra fakultas di mata masyarakat. Survei yang dilakukan kepada 100 siswa mengungkapkan bagaimana mahasiswa mendapatkan informasi: 45% dari media social, 25% dari Website resmi UNY, 15% dari open house, dan 10% dari sumber informasi, dan 5% dari media cetak dan elektronik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektifitas, evaluasi, pelaksanaan, perencanaan, strategi promosi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Vocational > Business and Management |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 May 2025 07:12 |
Last Modified: | 07 May 2025 07:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |