Jannata, Taufan and Sumaryanto, Sumaryanto (2024) Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Konteks Kebijakan Kontemporer Olahraga: Sebuah Studi terhadap Suara Guru Menggunakan Metode Photovoice. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_taufan jannata_21701261033.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) persepsi dan pemahaman guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) mengenai kebijakan yang terkait dengan keolahragaan; (2) formulasi guru PJOK terkait dengan tujuan pendidikan jasmani setelah pemberlakukan kebijakan kontemporer olahraga; (3) rekonstektualisasi pembelajaran PJOK yang dilakukan oleh guru dengan adanya kebijakan keolahragaan; dan (4) suara (voice) guru terkait dengan kebijakan kontemporer keolahragaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method pendekatan campuran tidak berimbang. Penelitian kualitatif menggunakan metode photovoice dan penelitian kuantitatif menggunakan metode survey. Sampel penelitian kualitatif berjumlah 29 guru yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan referral sampling. Sampel kuantitatif sebanyak 251 guru yang berasal dari 24 Provinsi di Indonesia ditetapkan dengan menggunakan teknik random sampling dan penentuan sampel minimal menggunakan teori Wolf. Analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis tematik dengan menggunakan aplikasi Atlas.ti dan analisis data kuantitatif menggunakan Stuctural Equation Modelling yang dioperasikan melalui program R. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Kebijakan keolahragaan DBON dan Kurikulum Merdeka masih banyak kekurangan yang harus segera diatasi dan tidak semua guru PJOK memahami kebijakan DBON dikarenakan masih kurang sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah; (2) Guru PJOK memformulasikan tujuan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan aturan dari Kurikulum Merdeka yang membebaskan guru dalam memformulasikan tujuan pembelajaran dan dengan diterapkannya DBON guru juga seringkali menambahkan tujuan pembelajaran yang mengarah pada peningkatan prestasi peserta didik; (3) Diterapkannya DBON tidak serta merta membuat pembelajaran PJOK berfokus pada prestasi karena guru diuntut untuk tetap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka; (4) Banyak kendala yang dialami oleh guru PJOK terkait dengan penerapan kebijakan keolahragaan DBON dan Kurikulum Merdeka serta guru PJOK berharap bahwa pemerintah mampu membuat kebijakan yang memudahkan guru dalam melakukan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kebijakan keolahragaan, kurikulum merdeka, metode photovoice, PJOK |
| Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Olahraga Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 30 Apr 2025 08:23 |
| Last Modified: | 30 Apr 2025 08:23 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
