Rini, Yuli Sectio and Margana, Margana (2024) Nilai-Nilai Etika yang Terkandung dalam Syair Lagu Dolanan Anak Jawa: Sebuah Kajian Etnografi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_yuli sectio rini_21701261050.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai etika yang ada di balik syair- syair lagu dolanan anak Jawa yang ada dan tumbuh-kembang pada masyarakat Jawa. Berdasarkan pengamatan peneliti, belum ada penelitian sebelumnya yang mencoba mengungkap nilai-nilai etika di balik syair-syair lagu dolanan anak Jawa tersebut.Penelitian ini bertujuan menyusun instrumen yang dapat digunakan untuk memandu siapa pun yang ingin mencaritemukan nilai-nilai etika yang terkandung dalam syair lagudolanan anak Jawa. Objek material penelitian yang didekati secara etnografis ini adalah syair- syair lagu dolanan anak Jawa yang sudah terdokumentasi dalam buku “Gendhing- gendhing Dolanan” yang disusun oleh Sri Widodo, terbitan CV Cendrawasih Sukoharjo Surakarta.Jumlah teks lagu dalam buku itu awalnya ada 117 syair lagu. Namun, setelah dicermati ada teks yang tertulis dua kali, sehingga jumlah keseluruhan ada 94 syair lagu. Objek formal penelitian yang pertama adalah nilai- nilai etika yang didasarkan pada konsep Filsafat Joged Mataram, yang terdiri atas sawiji, greged, sengguh, dan ora mingkuh. Kajian atas empat unsur tersebut dilakukan setelah syair-syair lagu dolanan anak Jawa itu dikelompokkan menjaditiga kategori, yakni hiburan, pengetahuan, dan nasehat. Objek formal yang kedua adalah format instrumen untuk mencaritemukan nilai-nilai etika yang terkandung dalam syair-syair lagu dolanan anak Jawa. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Nilai-nilai etika dolanan anak Jawa berdasar Filsafat Joged Mataram yang terdiri atas: a) sawiji (fokus, perhatian, pekerja keras, kejujuran, ketelitian); b) greged (rajin, berorientsi pada masa depan, berjuang, penuh harapan); c) sengguh (motivasi, berani, objektif, kompeten. kreativitas,percaya diri); dan d) ora mingkuh (pantang mundur, tanggug jawab, kesetiaan, teguhhati, ulet.). Setelah syair-syair tersebut dipilahkan atas kategori: hiburan, pengetahuan, dan nasehat, diketemukan ada 21 nilai, yaitu: spiritualitas keagamaan, sikap pasrah, moralitas religius, penghayatan keagamaan, etika kemanusiaan, perilaku humanis, mempertajam kepekaan, kesadaran lingkungan, kasih sayang, etika kebangsaan, rasa kebersamaan, keletadanan histori, nasionalisme, etika kearifan lokal, saling menghomati, kemakmuran, watak jujur,etika keadilan, rajin bekerja, rendah hati, dankarya kreatif. (2) Instrumen untuk menilai etika dalam syair lagu dolanan anakdisusun berdasarkan perjumpaan antara unsur dalamfilsafat Joged Mataram (sawiji, greged, sengguh, dan ora mingkuh) dan kategorisasi lagudolanan anak (hiburan, pengetahuan, dan nasehat).
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | filsafat Joged Mataram, kategorisasi, lagu dolanan anak, nilai etika, syair |
| Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan Ilmu Sosial > Sejarah Ilmu Sosial > Sosiokultural |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:30 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 07:30 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
