Kompetensi Literasi Digital Guru Produktif Sekolah Menengah Kejuruan Tata Busana Kota Yogyakarta.

Findarto, Khairuma Gadis and Widihastuti, Widihastuti (2024) Kompetensi Literasi Digital Guru Produktif Sekolah Menengah Kejuruan Tata Busana Kota Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_khairuma gadis findarto_22702251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Peran guru sebagai pendidik khususnya dalam pembentukan karakter siswa tidak akan tergantikan oleh kemajuan teknologi, sehingga peningkatan keterampilan digitalisasi bagi guru perlu diperkuat. Guru menjadi penentu keberhasilan dalam terciptanya SDM Indonesia yang unggul. Pengukuran indeks kompetensi digital yang khusus untuk guru-guru SMK program keahlian tata busana akan membantu mereka memahami tingkat kompetensi digital mereka untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, dan memfasilitasi pengembangan keterampilan yang sesuai. Dengan cara ini, guru-guru akan lebih siap menghadapi tuntutan teknologi dalam dunia pendidikan dan mempersiapkan siswa mereka untuk masa depan yang semakin terhubung dan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi literasi digital guru produktif SMK program keahlian tata busana di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan survey untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian ini adalah 27 guru produktif program keahlian tata busana dari lima SMK yang memiliki jurusan tata busana di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket self-asessment yang diadaptasi dari kerangka kerja Digital Compentency Educators (DigCompEdu). Isi instrumen divalidasi melalui expert judgement (validator dosen) dan Aikens V sedangkan validitas konstruk dilakukan dengan uji Bivariate Pearson Correlation. Estimasi Reliabilitas menggunakan reliabilitas antar rater (ICC) dan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang kemudian diberi makna. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Hasil pengukuran kompetensi literasi digital guru produktif SMK program keahlian tata busana di Kota Yogyakarta berada pada kategori “Sedang” dengan nilai rerata 2,99. (2) Hasil pengukuran tabulasi silang kompetensi literasi digital dan usia responden menunjukkan bahwa kelompok usia 24-40 tahun memiliki tingkat kompetensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok usia 41-63 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru tata busana, kompetensi literasi digital, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Apr 2025 01:56
Last Modified: 29 Apr 2025 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86705

Actions (login required)

View Item View Item