Hubungan Permainan Tradisional Dengan Perkembangan Motorik Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 Kapanewon Mlati Sleman

Asror, Sobri Fuadi Al (2024) Hubungan Permainan Tradisional Dengan Perkembangan Motorik Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 Kapanewon Mlati Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_sobri fuadi al asror_20604221058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara permainan tradisional dengan perkembangan motorik peserta didik kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 Kapanewon Mlati Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 yang berjumlah 56 peserta didik dan terbagi menjadi dua rombel kelas yaitu kelas A (27 peserta didik) dan kelas B (29 peserta didik). Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan Total Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk pengumpulan data permainan tradisional dan Test Motor Ability dari Nurhasan untuk pengambilan data perkembangan motorik. Hasil penelitian hubungan permainan tradisional dengan perkembangan motorik peserta didik kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 Kapanewon Mlati Sleman menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara permainan tradisional dan perkembangan motorik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Heri Yogo Prayadi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional, perkembangan motorik, peserta didik kelas IV
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:17
Last Modified: 28 Apr 2025 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86686

Actions (login required)

View Item View Item