Haloho, Aprillya Anastasia and Pardjono, Pardjono (2024) Keefektifan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Program Keahlian DPIB. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_aprillya anastasia haloho_21702251031.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan strategi pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Program Keahlian kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu. Penlitian ini berfokus pada elemen Teknik dasar pada pekerjaan desain pemodelan dan informasi bangunan yang berkaitan dengan teknik pengukuran tanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuasi Eksperimen (quasi experimental research). Dan desain penelitiannya adalah desain pretest- posttest control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X DPIB Tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yang akan mendapatkan dua perlakuan berbeda yakni kelas X DPIB A dan kelas X DPIB B SMK 1 Sedayu, 36 siswa pada kelas eksperimen dan 36 pada kelas kontrol, sehingga total subjek penelitian adalah 72 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Flipped Classroom. Data penelitian dianalisis menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa: 1) strategi pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu; 2) strategi pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu, 3) keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran flipped classroom lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Dasar-dasar Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu; 4) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran flipped classroom lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Dasar-dasar Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keaktifan, stategi pembelajaran flipped classroom, hasil belajar. |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Pendidikan > Media Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:51 |
| Last Modified: | 28 Apr 2025 08:51 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
