PERKEMBANGAN SEKOLAH PARTIKELIR PAKUALAMAN 1892-1942

Ninda Purnama, Sari (2012) PERKEMBANGAN SEKOLAH PARTIKELIR PAKUALAMAN 1892-1942. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 07407141006.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07407141006.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 07407141006.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 07407141006.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07407141006.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Dengan di berlakukannya Politik Etis oleh Pemerintah Belanda di wilayah Hindia Belanda, sedikit-demi sedikit terdapat perbaikan dalam bidang pendidikan. Sekolah dengan sistem Barat banyak didirikan di wilayah Indonesia terutama di Yogyakarta. Pakualaman juga telah mendirikan tiga buah sekolah partikelir yang menggunakan sistem Barat, ketiga sekolah tersebut, dua di antaranya berada di wilayah Pakualaman yang di Yogyakarta, yang satunya di wilayah Adikarto. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang keadaan geografis, demografis, dan pendidikan di wilayah Pakualaman, beserta sekolah partikelir yang didirikan oleh Pakualaman beserta dampaknya bagi masyarakat. Penulisan skripsi ini menggunakan metode sejarah kritis melalui studi pustaka. Metode yang digunakan melalui langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, heuristik, pengumpulan sumber-sumber yang menyangkut peristiwa sejarah yang akan di tulis. Kedua, kritik sumber, yaitu kegiatan meneliti sumbersumber sejarah baik secara eksternal maupun internal yang meliputi kelayakan sumber tersebut untuk dijadikan data dalam penulisan. Ketiga, interpretasi, yaitu penafsiran makna yang saling berhubungan dari sumber-sumber sejarah yang diperoleh setelah melakukan kritik intern dan ekstern dari data-data yang berhasil dikumpulkan agar penulisan lebih lengkap dan lebih bersifat obyektif. Keempat, penulisan, yaitu penulisan dan penyampaian rangkuman sumber-sumber yang diperoleh dalam bentuk karya sejarah. . Dari kajian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa daerah Pakualaman meliputi sebagian kecil wilayah Yogyakarta yang berada di timur sungai Code, ditambah dengan kabupaten Brosot yang ada di Adikarto, Kulon Progo. Pakualaman mempunyai cukup padat penduduk dengan penduduk yang banyak bermatapencaharian dibidang pertanian. Perkembangan pendidikan di Pakualaman dapat dilihat dengan didirikannya tiga sekolah partikelir oleh Pakualaman. Sekolah tersebut dinamakan sekolah Surjengyuritan Lor, Padmosekarnan dan sekolah Ongko Loro. Sekolah Ongko Loro yang didirikan di Adikarto khusus disediakan untuk anak-anak dari para pegawai Pakualaman. Kata Kunci: Sekolah, Partikelir, Pakualaman

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sekolah, Partikelir, Pakualaman
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 07:53
Last Modified: 29 Jan 2019 17:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8663

Actions (login required)

View Item View Item