Pengembangan Model Learning-oriented Assessment Terintegrasi Direct Learning dan Drill and Practice (2D-LOA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Efikasi Diri Calon Guru Otomotif.

Wakid, Muhkamad and Sofyan, Herminarto (2024) Pengembangan Model Learning-oriented Assessment Terintegrasi Direct Learning dan Drill and Practice (2D-LOA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Efikasi Diri Calon Guru Otomotif. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_muhkamad wakid_17702264003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan model 2D-LOA yang layak untuk diimplementasikan, (2) menghasilkan model 2D-LOA yang praktis, dan (3) menghasilkan model 2D-LOA yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri calon guru otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang menggunakan pendekatan pengembangan ADDIE. Metodologi penelitian yang digunakan untuk implementasi model adalah quasi-eksperimen dengan desain randomized pretest- postest control group. Penelitian ini melibatkan satu kelas perlakuan yang menerapkan LOA dan satu kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar dan kuesioner untuk mengukur efikasi diri dan respon mahasiswa. Hasil belajar dan efiksasi diri mahasiswa diuji dengan independent sample t-test menggunakan software IBM Statistics SPSS 26 dan peningkatannya ditinjau dari skor N-Gain yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran 2D-LOA dinilai sangat layak dengan rata-rata skor 4.86, (2) kepraktisan model pembelajaran 2D-LOA juga dinilai sangat praktis dengan rata-rata skor 4.83, dan respon mahasiswa terhadap penerapan 2D-LOA juga sangat positif. (3) keefektifan model 2D-LOA untuk meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri memperoleh N-Gain pada hasil belajar sebesar 0.41 yang tergolong sedang dan N-Gain efikasi diri sebesar 0.44 yang tergolong sedang. Peningkatan hasil belajar praktik lebih efektif dibandingkan hasil belajar teori.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: direct learning, drill and practice, 2D-LOA, efikasi diri, learning- oriented assessment
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:18
Last Modified: 25 Apr 2025 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86626

Actions (login required)

View Item View Item