Kepemimpinan Pendidikan Vokasi pada era Revolusi Industri 4.0

Isroah, Isroah and Sutarto, Sutarto (2024) Kepemimpinan Pendidikan Vokasi pada era Revolusi Industri 4.0. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_isroah_18702264004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) Persepsi civitas akademika tentang implementasi R.I 4.0 di SV (2) Gaya-gaya kepemimpinan yang diimplementasikan di SV pada era R.I 4.0, (3) Efektivitas kepemimpinan di SV pada era R.I 4.0, (4) Faktor pendukung dan kendala dalam implementasi kepemimpinan di SV pada era R.I 4.0, (5) Faktor-faktor yang membentuk gaya kepemimpinan di SV pada era R.I 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain concurrent embeded. Subjek penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling terdiri dari; Dekan, Senat, Ketua Departemen, Ketua Program Studi, dan Kepala Laboratorium. Pengumpulan data kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan langkah; pengkodingan, pengkategorian kode dan pembuatan peta konsep dengan bantuan software ATLAS.ti Versi 24.0.0.29576 Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan kuisioner didistribusikan melalui Google Form, diujicobakan untuk dianalisis validitas dan reliabilitasnya selanjutnya digunakan untuk mengambil data dan dianalisis menggunakan teknik Confirmatory Factor Analysis. Penelitian menemukan; (1) Persepsi civitas akademika tentang implementasi R.I 4.0 di SV menunjukkan lembaga mengimplementasikan R.I 4.0 dengan dimensi-dimensi implementasi RI 4.0 telah terbukti diterapkan. Hasil kuantitatif juga menunjukkan persepsi implementasi R.I 4.0 di SV memiliki kecenderungan pada kategori sangat tinggi dan tinggi, artinya implementasi R.I 4.0 di SV sudah berjalan dengan sangat baik. (2) Gaya-gaya kepemimpinan yang diimplementasikan di SV pada Era R.I 4.0 merupakan kombinasi antara gaya instruksional, transformasional, digital, entrepreneural leadership serta progressive leadership. (3) Kepemimpinan di SV pada era R.I 4.0. secara kualitatif termasuk dalam kategori efektif. Hal ini dibuktikan dengan dimensi-dimensi tentang efektivitas kepemimpinan telah terbukti ada. Selanjutnya dikonfirmasi dengan hasil analisis kuantitatif bahwa efektivitas kepemimpinan di SV memiliki kecenderungan pada kategori sangat tinggi dan tinggi berarti efektivitas kepemimpinan di SV pada era R.I 4.0 sudah sangat baik/efektif. (4) Faktor pendukung implementasi kepemimpinan di SV pada era R.I 4.0 terdiri dari dorongan pimpinan, era vokasi bangkit, jumlah mitra terbanyak, keberhasilan SV, kepercayaan diri SV, kompetensi lulusan selaras kebutuhan industri, mampu mengatasi kendala R.I 4.0. Beikutnya tentang kendala yang dialami terdiri dari; dosen magang sedikit, kinerja Ketua Laboratorium masih rendah, SV dianggap klas kedua, kriteria seleksi pimpinan ketat. (5) Faktor-faktor yang membentuk gaya kepemimpinan di SV pada era R.I.4.0 untuk (a) kepemimpinan instruksional yang paling dominan yaitu memajukan iklim pembelajaran (b) kepemimpinan transformasional yang dominan yaitu motivasi inspiratif (c) kepemimpinan digital yang dominan yaitu mindset digital (d) entreprereurial leadership yang paling dominan persistent (e) progressive leadership yang paling dominan networking.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Pendidikan Vokasi, Revolusi Industri 4.0
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:10
Last Modified: 25 Apr 2025 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86623

Actions (login required)

View Item View Item