IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN KAPAL PERANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK

Neni, Triyanti (2012) IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN KAPAL PERANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08416241046.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08416241046.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08416241046.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08416241046.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08416241046.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPS pada umumnya masih menggunakan metode ceramah dan kurang menerapkan model-model pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Permainan Kapal Perang dalam meningkatkan motivasi belajar IPS, serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Permainan Kapal Perang siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 2 Depok. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket motivasi belajar siswa, dan catatan lapangan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini yaitu apabila rata-rata motivasi belajar siswa mencapai persentase 75% atau lebih. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode Permainan Kapal Perang. Pada saat pra tindakan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 49,38%. Pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa adalah 68,85%, dan pada siklus II rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 78,32%. Hal ini berarti rata-rata motivasi belajar siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yaitu 75% atau lebih. Dengan demikian implementasi metode Permainan Kapal Perang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 2 Depok. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Permainan Kapal Perang yaitu situasi kelas menjadi ramai sehingga dapat menganggu kelas lain, terdapat peserta didik yang tidak aktif dalam kelompok, serta peserta didik kesulitan dalam membuat soal. Kata kunci : Motivasi, metode Permainan Kapal Perang

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, metode Permainan Kapal Perang
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 07:47
Last Modified: 29 Jan 2019 17:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8660

Actions (login required)

View Item View Item