Lestari, Nurdiyah and Paidi, Paidi (2024) Pengembangan Model Experiential Learning terintegrasi Multiliterasi Ecopedagogy berorientasi Kearifan Lokal Pulau Timor untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Life and Career Skills Siswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_nurdiyah lestari_21703261021.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor, (2) menguji kelayakan model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor yang dikembangkan, (3) mengungkapkan kepraktisan model tersebut, dan (4) menguji keefektifan model tersebut dalam meningkatkan literasi sains dan life and career skills siswa. Penelitian ini merupakan research and development yang menerapkan prosedur Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah. Subjek uji coba lapangan utama adalah 55 siswa kelas X pada satu SMA dan subjek lapangan operasional adalah 180 siswa kelas X dari tiga SMA di Kabupaten Kupang tahun ajaran 2023/2024. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan formula Aiken’s V untuk mengetahui kelayakan model; statistik deskriptif untuk mengetahui kepraktisan model; statistik MANOVA untuk menganalisis keefektifan model terhadap variabel terikat. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor yang dikembangkan memiliki sintaks yang terdiri dari orientation, feeling emotions, watching, developing hypothesis, thinking, investigation, dan presentation. Sistem pendukung terdiri dari silabus, RPP, modul, multimedia interaktif, buku model, dan assesmen. (2) Model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran Biologi berdasarkan expert judgement. (3) Model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor dinyatakan praktis digunakan untuk meningkatkan literasi sains dan life and career skills siswa SMA. Kepraktisan model pembelajaran dilihat dari aspek keterlaksanaan model pembelajaran serta respon guru dan siswa terhadap model pembelajaran tersebut. (4) Model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor dinyatakan efektif dalam meningkatkan literasi sains dan life and career skills siswa SMA, dengan nilai probabilitas Wilks’ lambda (Sig,) berdasarkan perhitungan adalah 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor dalam pembelajaran biologi efektif dalam meningkatkan literasi sains dan life and career skills siswa.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ecopedagogy, experiential learning, life and career skills, literasi sains, multiliterasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 03:56 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 03:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |