Nilai-Nilai dalam Konsep Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara oleh Kepala Taman Kanak-kanak di Kabupaten Sleman.

Cahyaningrum, Eka Sapti and Budiningsih, C. Asri (2024) Nilai-Nilai dalam Konsep Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara oleh Kepala Taman Kanak-kanak di Kabupaten Sleman. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_eka sapti cahya ningrum_18703264005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggali perspektif terhadap nilai-nilai kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, (2) mengungkap implementasi nilai-nilai kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, dan (3) mengungkap faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai kepemimpinan Ki Hajar Dewantara oleh kepala Taman Kanak-kanak di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak (TK) yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada bulan Januari – November 2023. Subjek penelitian meliputi kepala TK di Kabupaten Sleman, DIY. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman (2014) yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kepala TK di Kabupaten Sleman memahami sistem among yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan dengan pola asah, asih, dan asuh dan memiliki landasan pada trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara yaitu ing ngarso sung tuladha, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani sehingga menjadi teladan mereka. (2) Implementasi nilai kepemimpinan ing ngarsa sung tuladha kepala TK di Kabupaten Sleman meliputi (a) keteladanan, (b) bijaksana, (c) terbuka, dan (d) mengayomi. Implementasi nilai kepemimpinan ing madyo mangun karso kepala TK di Kabupaten Sleman berperan sebagai (a) pendamping, (b) pembangkit semangat, (c) komunikator, dan (d) motivator. Kepala TK di Kabupaten Sleman mengimplementasi nilai tut wuri handayani dengan cara: (a) memberikan kemerdekaan pada bawahan, (b) menegakkan kewajiban, (c) memberikan hak anggota, (d) memberi kesempatan yang leluasa kepada bawahan, (e) melatih kejujuran, (f) mempraktikkan kerjasama, (g) bersifat adil dan peduli, (h) melakukan pengawasan, dan (i) musyawarah. (3) Faktor pendukung dalam implementasi nilai kepemimpinan Ki Hajar Dewantara oleh kepala TK di Kabupaten Sleman meliputi (a) komunikasi yang baik, (b) kerjasama antar lini, dan (c) dukungan sumber daya yang ideal sebagai pembangunan tim. Faktor penghambat meliputi (a) sumber daya manusia yang tidak kompeten, (b) ketidakmampuan melihat peluang, dan (c) kurang fleksibel.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kepala TK, Ki Hajar Dewantara, nilai-nilai kepemimpinan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:55
Last Modified: 23 Apr 2025 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86529

Actions (login required)

View Item View Item