Widyawati, Ani and Suyanta, Suyanta (2024) Model Pembelajaran E-PBL-STEM Berbasis Tri N untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Representasi Verbal IPA. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_ani widyawati_20703261025.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian yakni: (1) menghasilkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan representasi verbal IPA, (2) menganalisis kelayakan model yang dihasilkan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan representasi verbal IPA, (3) mengetahui kepraktisan model dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan representasi verbal IPA, dan (4) menganalisis keefektifan model untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan representasi verbal IPA. Jenis penelitian ini termasuk pada kategori penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada model ADDIE dengan lima tahapan yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji kepraktisan model menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design dengan subjek uji coba terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 16 peserta didik di SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan, Yogyakarta. Adapun untuk uji hipotesis menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group dengan 15 kelas dari 5 SMP di kota Yogyakarta sebanyak 290 peserta didik sebagai subjek uji coba yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis persamaan Aiken’s V, uji N-gain, uji prasyaraat homogenitas dan normalitas untuk uji statistik parametrik, uji hipotesis menggunakan GLM untuk mengetahui kefektifan model yang dihasilkan. Penelitian ini mendapatkan hasil sebagai berikut (1) produk berupa model pembelajaran E-PBL-STEM berbasis Tri N dengan sintaks (i) Problem Oriented (ii) Visualization, (iii) Investigation Organizing, (iv) Research and Analyzing Guidance, (v) Using Mathematics and Computational Thinking, (vi) Develop and Present the Work, vii) Engenering in Argument form Devidence, (viii) Analyze and Evaluate the Problem Solving yang dinyatakan sangat layak digunakan berdasarkan hasil penilaian dari semua validator/ ahli sejumlah enam orang, (2) model pembelajaran E-PBL-STEM berbasis Tri N dinyatakan sangat praktis dengan persentase 87,5 % yang dibuktikan dengan keterlaksanaan RPP (100%) dan hasil respon peserta didik 82,4 %, (3) model pembelajaran E-PBL-STEM berbasis Tri N efektif secara signifikan dengan hasil sig<0.01 untuk ketiga hipotesis, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran E- PBL-STEM berbasis Tri N efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan representasi verbal IPA.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, representasi verbal, niteni-nirokke-nambahi, augmented reality, model pembelajaran E-PBL STEM berbasis Tri N |
| Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 17 Apr 2025 01:54 |
| Last Modified: | 17 Apr 2025 01:54 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
