HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI KABUPATEN PACITAN

Ari, Prasetyoaji (2012) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI KABUPATEN PACITAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07104244022.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07104244022.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07104244022.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07104244022.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07104244022.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial pada guru bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kabupaten Pacitan. Subyek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dikarenakan subjek adalah seluruh guru bimbingan dan konseling di Kabupaten Pacitan. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Instrumen pengumpulan data menggunakan Skala Perilaku Prososial, Skala Kecerdasan Emosional, dan Skala Kecerdasan Spiritual. Analisis penelitian menggunakan teknik regresi berganda dengan bantuan program SPSS For Window Seri 17.0. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial pada guru bimbingan dan konseling di Kabupaten Pacitan. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial didapatkan F hitung sebesar 25,338 dengan tingkat signifikansi atau probabilitas sebesar p = 0,000 (p < 0,05). Sementara itu, hasil dari analisis regresi menunjukkan bahwa hasil kecerdasan emosi memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku prososial, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi antara variabel kecerdasan emosi dengan perilaku prososial (rx1y) sebesar 0,578 dengan nilai signifikan p(0,000) < 0,05. Selain itu hasil dari analisi regresi juga menunjukkan bahwa hasil kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku prososial, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi antara variabel kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial (rx2y) sebesar 0,623 dengan nilai signifikan p(0,000) < 0,05. Sumbangan efektif yang diberikan oleh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial adalah 44,6%. Ini berarti bahwa masih ada 55,4% dari faktor- faktor lain yang mempengaruhi perilaku prososial.Kata kunci : kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, perilaku prososial, guru bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, perilaku prososial, guru bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 07:17
Last Modified: 29 Jan 2019 17:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8651

Actions (login required)

View Item View Item