Pengaruh Afirmasi Positif dan Aktivitas Fisik Terhadap Konsentrasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar

Soraya, Shobirotus (2024) Pengaruh Afirmasi Positif dan Aktivitas Fisik Terhadap Konsentrasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_shobirotus soraya_23060540012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan fondasi penting dalam perkembangan generasi muda, namun tidak semua siswa memiliki kemampuan belajar yang sama. Siswa slow learner seringkali menghadapi tantangan dalam konsentrasi dan pencapaian hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh afirmasi positif dan aktivitas fisik terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa slow learner di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experiment) dengan pendekatan nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa slow learner yang dipilih melalui Proportional Stratified Sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa afirmasi positif berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar, dengan koefisien regresi sebesar 0,384 dan nilai t hitung 11,475 (p < 0,05). Aktivitas fisik juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar dengan koefisien regresi 0,478 dan t hitung 11,687 (p < 0,05). Selain itu, afirmasi positif berpengaruh terhadap hasil belajar dengan koefisien 0,323 (t hitung = 8,752, p < 0,05) dan aktivitas fisik berpengaruh terhadap hasil belajar dengan koefisien 0,366 (t hitung = 8,115, p < 0,05). Kombinasi kedua intervensi menunjukkan pengaruh yang lebih besar, dengan koefisien interaksi 0,005 dan t hitung 12,886 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa afirmasi positif dan aktivitas fisik dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar siswa slow learner di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Panggung Sutapa, M.S.
Uncontrolled Keywords: afirmasi positif, aktivitas fisik, konsentrasi belajar, hasil belajar, slow learner, sekolah dasar
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 May 2025 07:54
Last Modified: 08 May 2025 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86495

Actions (login required)

View Item View Item