Fizi, Resti Molina (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik, Kerjasama, dan Kedisiplinan pada Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Atas. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
![]() |
Text
fulltext_resti molina fizi_21609261002.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan konstruksi model pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik, kerjasama, dan kedisiplinan pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas. (2) Mengetahui tingkat kelayakan model pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik, kerjasama, dan kedisiplinan pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas. (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik, kerjasama, dan kedisiplinan pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu ahli berjumlah 5 validator, subjek uji coba skala kecil berjumlah 2 guru PJOK, subjek uji coba skala besar berjumlah 5 guru PJOK, dan subjek uji efektivitas berjumlah 46 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil produk akhir yaitu lima jenis model pembelajaran berbasis permainan sederhana yaitu Permainan Bola Estafet, Bola Persahabatan, Nelayan Menjaring Ikan, Melempar Botol, SOS Challenge yang mudah diajarkan guru PJOK, menyenangkan jika peserta didik melakukan permainan, permainan tersebut aman bagi peserta didik, serta dapat merangsang peserta didik untuk meningkatkan kemampuan motorik, bekerjasama dengan peserta didik lain, dan kedisiplinan. Model ini berisi petunjuk bagi guru untuk diterapkan ke peserta didik, berupa aktivitas pendahuluan yaitu pemanasan, aktivitas inti yaitu terdapat lima jenis permainan yang memuat tujuan aktivitas, cara bermain, sarana dan prasarana, area permainan, standar ketertiban dan keselamatan kemudian yang terakhir berupa pendinginan. (2) Model pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik, kerjasama, dan kedisiplinan pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas layak. Berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 80,24%, ahli media sebesar 88,26%, uji coba skala kecil sebesar 85,63%, dan uji coba skala besar sebesar 80,97%. (3) Model pembelajaran berbasis permainan efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik (p-value 0.000 < 0.05), kerjasama (p-value 0.000 < 0.05), dan kedisiplinan (p-value 0.000 < 0.05) pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas. Model pembelajaran yang dikembangkan valid dan reliabel, sehingga sangat efektif digunakan oleh guru PJOK untuk proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Additional Information: | Promotor: Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd. Kopromotor: Prof. Dr. Guntur, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis permainan, kemampuan motorik, kerjasama, kedisiplinan |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 07:35 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 07:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |