PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERPENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA PENDIDIKAN VOKASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL CALON GURU VOKASI.

Setuju, Setuju and Triyono, Mochamad Bruri (2024) PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERPENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA PENDIDIKAN VOKASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL CALON GURU VOKASI. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_setuju_20703261036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi implementasi pembelajaran vokasi dengan model Project based Learning (PjBL) saat ini dan menghasilkan model PjBL berpendekatan TPACK pada pendidikan vokasional untuk meningkatkan kompetensi digital calon guru vokasi yang layak, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi model, perangkat implementasi model, dan instrumen penelitian dilakukan oleh delapan ahli. Kepraktisan model dinilai oleh mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah. Desain eksperimen menggunakan quasi-experiment dengan pre-test and post-test control group design. Subjek uji coba adalah mahasiswa peserta Mata Kuliah Transformasi Digital Media Pembelajaran di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, pada uji coba terbatas sebanyak 32 mahasiswa, sedangkan subjek uji coba luas sebanyak 102 mahasiswa terbagi dalam kelompok eksperimen sebanyak 57 mahasiswa dan kelompok kontrol sebanyak 45 mahasiswa. Data kelayakan dan kepraktisan model dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data efektivitas model dianalisis dengan t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi PjBL sering kali memerlukan sumber daya yang signifikan, seperti perangkat teknologi canggih, fasilitas yang memadai, dan bahan ajar khusus; (2) Model PjBL berpendekatan TPACK untuk pendidikan vokasional dikembangkan melalui tahapan penelitian dan pengembangan 4-D define, design, develop, dan disseminate; (3) Model PjBL berpendekatan TPACK telah divalidasi oleh para ahli di bidangnya dan dinilai sangat layak; (4) model PjBL berpendekatan TPACK telah dinilai kepraktisannya oleh mahasiswa maupun dosen pengampu mata kuliah pada saat diimplementasikan dalam perkuliahan Transformasi Digital dan Media Pembelajaran; (5) Model PjBL berpendekatan TPACK telah diujicobakan dan terbukti mampu untuk meningkatkan keterampilan digital mahasiswa dalam pembelajaran Transformasi Digital Media Pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa PjBL berpendekatan TPACK layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi digital calon guru vokasi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Project-based learning, TPACK, pendidikan vokasional, Kompetensi digital, Guru Vokasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:50
Last Modified: 23 Apr 2025 04:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86437

Actions (login required)

View Item View Item