Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dengan Kesehatan Mental Peserta Didik Kelas 11 SMA Negeri 8 Yogyakarta

Ahmad, Majid (2024) Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dengan Kesehatan Mental Peserta Didik Kelas 11 SMA Negeri 8 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_majid ahmad_21601241015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dengan kesehatan mental mental peserta didik kelas 11 SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 di SMA Negeri 8 Yogyakarta yang berjumlah 288 peserta didik. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling berjumlah 168 peserta didik. Instrumen aktivitas fisik menggunakan The Physical Activity Questionnaire for Adolescent (PAQ-A) yang sudah dimodifikasi dan kesehatan mental menggunakan General Health Questionnaire-12 (GHQ-12). Teknik analisis data yang digunakan adalah Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kesehatan mental peserta didik 11 di SMA Negeri 8 Yogyakarta, dengan nilai rhitung -0,489 > rtabel 0,151, sig. 0,000 < 0,05. Sumbangan variabel aktivitas fisik dengan kesehatan mental mental peserta didik kelas 11 di SMA Negeri 8 Yogyakarta sebesar 23,91%, sedangkan sisanya sebesar 76,09% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Farida Mulyaningsih, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kesehatan mental, peserta didik kelas 11
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2025 07:49
Last Modified: 27 Mar 2025 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86403

Actions (login required)

View Item View Item