PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS-03 KECAMATAN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Ardani Praba, Neswari (2012) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS-03 KECAMATAN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241052.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241052.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241052.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241052.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108241052.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media CD pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 03 Kecamatan Kalasan Sleman pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kowangbinangun sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Bogem 1 sebagai kelas kontrol yang terletak di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman masing-masing kelas berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan korelasi biserial, dari 30 soal diperoleh 27 soal valid dan 3 soal gugur. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus K-R20 dengan hasil r11 sebesar 0,93. Uji normalitas dihitung menggunakan SPSS 16.0 dengan hasil kelas eksperimen sebesar 1,41 dan kelas kontrol sebesar 0,200. Uji homogenitas dihitung dengan menggunakan rumus F dengah hasil sebesar 1,20. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitia ini menggunakan teknik uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan media CD pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 03 Kecamatan Kalasan Sleman tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel sebesar 0,79>0,05. Kata kunci: media CD pembelajaran, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media CD pembelajaran, hasil belajar IPA
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 07:04
Last Modified: 29 Jan 2019 17:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item