Pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Tps dan Tgt Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Passing Bawah Bola Voli Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Geneng Kabupaten Ngawi

Aliffudin, Muhammad Habib (2024) Pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Tps dan Tgt Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Passing Bawah Bola Voli Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Geneng Kabupaten Ngawi. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_muhammad habib aliffudin_23060740008.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk. (1) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap minat dan motivasi belajar peserta didik dalam praktik Passing bawah bola voli peserta didik di SMP Negeri 2 Geneng. (2) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap minat dan motivasi belajar peserta didik dalam praktik Passing bawah bola voli peserta didik di SMP Negeri 2 Geneng. (3) Untuk membandingkan dan menganalisis efektivitas antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TGT dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik dalam praktik Passing bawah bola voli peserta didik di SMP Negeri 2 Geneng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Geneng kabupaten Ngawi diambil menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen motivasi dan minat belajar menggunakan kuisioner dan observasi secara langsung. . Teknik analisis data di lakukan melalui uji prasyarat yaitu 1) Analisis Deskriptif , 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas 4) uji sample t test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di atas, maka Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap minat dan motivasi belajar peserta didik dalam praktik Passing bawah bola voli di SMP Negeri 2 Geneng. Dengan nilai hasil belajar Pre-Test 81,26 > posT-Test 82,45. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap minat dan motivasi belajar peserta didik dalam praktik Passing bawah bola voli di SMP Negeri 2 Geneng. Dengan nilai hasil belajar Pre-Test 81,38>posT-Test 83,11. (3) Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata model pembelajaran tipe TGT lebih besar dari pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS sehingga yang memberikan pengaruh lebih besar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar adalah model pembelajaran tipe TGT.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: cooperatif learning, minat dan motivasi belajar , passing bawah, bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Apr 2025 06:49
Last Modified: 25 Apr 2025 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86364

Actions (login required)

View Item View Item