Akhsani, Ericho Billy (2024) Identifikasi Kemampuan Gerak Dasar dan Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas V SD Negeri Cancangan Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_ericho billy akhsani_20604224015.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan gerak dasar dan kebugaran jasmani pada peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, pada gerak dasar menggunakan Test of gross motor development-second edition (TGMD-2) dan tes kebugaran jasmani menggunakan acuan dari TKPN (Tes Kebugaran Pelajar Nusantara) yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan dengan jumlah 18 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dengan persentase Hasil penelitian ini diketahui bahwa gerak dasar pada peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan pada lokomotor berada di kategori “Rendah” dan pada objek kontrol berada pada kategori “Tinggi”, kemudian pada kebugaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan berada pada kategori “Tinggi”. Dari hasil identifikasi tersebut masing masing memiliki kekurangan namun lebih banyak kategori yang baik atau “Tinggi”.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. |
| Uncontrolled Keywords: | gerak dasar, identifikasi kemampuan, kebugaran jasmani |
| Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Perpustakaan FIK |
| Date Deposited: | 24 Mar 2025 07:09 |
| Last Modified: | 24 Mar 2025 07:09 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
