PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII A SMP N 2 DEPOK

KURNIATI, PUSPANINGTYAS (2012) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII A SMP N 2 DEPOK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08416241011.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08416241011.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08416241011.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08416241011.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08416241011.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa setelah penerapan model Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing pada pembelajaran IPS di kelas VIII A SMP Negeri 2 Depok. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Depok tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat komponen: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, anecdotal record, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator keaktifan siswa mencapai 75%. Teknik pemeriksaan keabsahan data adalah menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dalam hal keaktifan, model Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing telah memberikan kontribusi terhadap tingginya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penerapan model Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII A dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase keaktifan siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata persentase keaktifan siswa dari data angket keaktifan siswa adalah 61,90 %. Pada siklus II meningkat sebesar 13,33% menjadi 75,23%. Sedangkan, data yang diperoleh dari hasil observasi menunjukan bahwa pada siklus I keaktifan siswa adalah 59,43%. Pada siklus II meningkat sebesar 24,55% menjadi 82,98 %. Peningkatan dari siklus I ke siklus II tersebut sudah mencapai 75% atau kriteria keberhasilan yang ditentukan, sehingga penelitian dikatakan berhasil. Kata Kunci: Kancing Gemerincing, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kancing Gemerincing, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 06:48
Last Modified: 29 Jan 2019 17:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8626

Actions (login required)

View Item View Item