HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI BANTUL MANUNGGAL TAHUN AJARAN 2012

Anwar, Novianto (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI BANTUL MANUNGGAL TAHUN AJARAN 2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244124.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244124.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244124.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244124.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244124.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri Bantul Manunggal tahun ajaran 2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel terikat prestasi belajar IPS dan variabel bebasnya adalah motivasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bantul Manunggal, yang berjumlah 90 siswa. Kelas V terdiri dari tiga kelas yaitu VA, VB, dan VC. Pengumpulan data diambil melalui metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel motivasi belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel prestasi belajar IPS siswa. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Bantul Manunggal tahun ajaran 2012. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar dari harga r tabel dengan N=90 pada taraf signifikansi 5%, yaitu 0,342 > 0,207 dengan p 0,01 lebih kecil dari 0,05 (5%) Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar IPS.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 17:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8624

Actions (login required)

View Item View Item