Studi Evaluasi Program Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Fakhrurozi, Zaza Afnindar (2024) Studi Evaluasi Program Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_zaza afnindar fakhrurozi_22608261021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Progam Usaha Kesehatan Sekolah merupakan bagian dari usaha untuk upaya mengoptimalkan kesehatan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengevaluasi kesesuaian antara standar dan kenyataan program usaha kesehatan sekolah dikaji dengan antencedent; (2) mengevaluasi kesesuaian antara standar dan kenyataan program usaha kesehatan sekolah dikaji dengan transaction (3) mengevaluasi kesesuaian antara standar dan kenyataan program usaha kesehatan sekolah dikaji dengan outcome. Penelitian ini mengevaluasi program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) menggunakan model evaluasi Countenance Stake, berfokus pada deskripsi dan penilaian tiga aspek: antecedent, transaction, dan outcome. Aspek antecedent mencakup kebijakan, wewenang tugas, tujuan dan sumber daya, transaction meliputi pelaksanaan program dan monitoring, sementara outcome menilai hasil pelaksanaan UKS. Metode yang digunakan adalah kombinasi kualitatif dan kuantitatif, dilakukan di 15 sekolah dasar negeri di Kabupaten Sleman, dengan kualifikasi wilayah daerah urban (Kapanewon Depok), sub-urban (Kapanewon Ngaglik), dan rural (Kapanewon Moyudan). Sampel diambil secara purposive sampling dari pembina UKS, kepala sekolah dan 312 peserta didik kelas lima. Analisis kualitatif dilakukan dengan pendekatan Miles dan Huberman, sementara analisis kuantitatif menggunakan pedoman kategorisasi dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aspek antencedent ditemukan kebijakan pelaksanaan program UKS yang digunakan dari ketiga Kapanewon belum menggunakan pedoman yang ditentukan, hal ini mencakup belum terlaksananya sosialisasi yang dilakukan untuk kebijakan. Aspek transaction belum sesuai dengan standar yang ditentukan dari pedoman yang ada karena terdapat kekurangan dalam pelaksanaan program UKS sehingga belum berjalan secara efektif dan efisien. Aspek outcome belum sesuai dengan standar yang ditentukan karena belum tercapainya peningkatan kesehatan dan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat yang disebabkan tidak adanya evaluasi program yang berkelanjutan. Rekomendasi yang perlu dilakukan pada tahap antencedent peningkatan sosialisasi dan penyediaan fasilitas yang mampu mewadahi sekolah dalam membuat kebijakan program UKS lebih terstruktur. Aspek transaction perlu melibatkan peserta didik, guru, puskesmas dan stakeholder lainnya dalam menunjang pelaksanaan UKS. Aspek outcome perlu untuk menetapkan indikator keterc apaian yang dievaluasi dengan skala prioritas jangka pendek dan jangka panjang pada program UKS serta perlu menerapkan standar pelaksanaan program UKS dengan memperhatikan SKB 4 Menteri nomor 6/X/PB/2014, Nomor 73 Tahun 2014, Nomor 41 Tahun 2014, dan Nomor 81 Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan UKS/M dan Buku Pedoman Tata Kelola UKS Sekolah Dasar dari Direktorat Sekolah Dasar Tahun 2020.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Kopromotor: Prof. Dr. Sumarjo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: countenance stake, evaluasi, program UKS, sekolah dasar negeri
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Mar 2025 07:30
Last Modified: 14 Mar 2025 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86235

Actions (login required)

View Item View Item