Amajida, Abiyyu (2024) Studi Evaluasi Manajemen Kelas Khusus Olahraga Tingkat Sekolah Menengah Pertama Se Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
![]() |
Text
fulltext_abiyyu amajida_22608261011.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisa evaluasi manajemen KKO tingkat SMP Daerah Istimewa Yogyakarta dikaji dari aspek Context, 2) Menganalisa evaluasi manajemen KKO tingkat SMP Daerah Istimewa Yogyakarta dikaji dari aspek Input, 3) Menganalisa evaluasi manajemen KKO tingkat SMP Daerah Istimewa Yogyakarta dikaji dari aspek Process, dan 4) Menganalisa evaluasi manajemen KKO tingkat SMP Daerah Istimewa Yogyakarta dikaji dari aspek Product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program. Model evaluasi yang digunakan yaitu model context, input, process dan product (CIPP). Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan instrument kuantitif berupa kuesioner dan kualitatif berupa pedoman wawancara. Sampel penelitian berjumlah 9 pengelola dan 230 peserta didik program KKO dari 5 sekolah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Validitas instrumen kualitatif menggunakan Teknik triangulasi data dan uji reliabilitas menggunakan uji dependability, sedangkan uji validitas instrumen kuesioner menggunakan rumus V-aikens mendapatkan nilai 0,89 dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha mendapatkan hasil 0,84. Analisis data ditekankan pada data kualitatif menggunakan Teknik Miles dan Huberman dan data kuantitatif hanya sebagai pendukung menggunakan Teknik persentase. Hasil penelitian ini secara keseluruhan masih belum optimal, pada aspek context, input dan process masih belum optimal karena terdapat catatan-catatan mendasar, akan tetapi pada aspek product sudah baik. Rekomendasi dari peneliti yaitu dari aspek context sekolah melakukan diskusi kepada pemerintah terkait pengadaan sarana prasarana, pendanaan, dan pembinaan karakter. Aspek input sekolah dimohon untuk melakukan tes ulang akademik dalam proses penerimaan peserta didik serta penyesuaian kurikulum khusus KKO. Aspek process sekolah melakukan pemilihan mentor bagi peserta didik KKO sekaligus pengarahan kepada guru-guru terkait pembelajaran peserta didik dan aspek product memastikan peserta didik untuk tetap menjaga kemampuan akademik dan non akademik masing-masing agar tidak menurunkan ranking sekolah.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Additional Information: | Promotor: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Kopromotor: Prof. Dr. Sumarjo, M.Kes. |
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, KKO, manajemen, program |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 08:00 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 08:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |