HAMBATAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMA SE-KABUPATEN SLEMAN WILAYAH BARAT

Isti, Nurwidayanti (2012) HAMBATAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMA SE-KABUPATEN SLEMAN WILAYAH BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 05401241033.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 05401241033.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 05401241033.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 05401241033.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LMAPIRAN - 05401241033.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn berdasarkan KTSP di SMA se- Kabupaten Sleman Wilayah Barat, serta upaya yang diterapkan guru PKn dalam menghadapi hambatan-hambatan yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA se-Kabupaten Sleman Wilayah Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang dipergunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)hambatan dalam mengembangkan RPP dan pelaksanaan pembelajaran PKn yaitu faktor siswa yang meliputi karakteristik dan latar belakang yang berbeda, kondisi fisik yang lemah, kondisi ekonomi yang kurang mampu, motivasi yang rendah, dan daya pikir yang rendah. Faktor guru meliputi kurang pahamnya guru terhadap langkah-langkah penyusunan RPP, komponen RPP, dan materi PKn. Faktor waktu yaitu keterbatasan waktu yang tersedia, dan faktor media yaitu ketidaklengkapan media, 2)upaya dalam mengatasi hambatan dalam mengembangkan RPP dan pelaksanaan pembelajaran PKn yaitu faktor siswa yang meliputi karakteristik dan latar belakanng siswa yang berbeda dengan mengembangkan RPP yang disesuaikan dengan latar belakang siswa dan menggunakan metode yang mudah dipahami siswa, untuk kondisi fisik yang lemah dengan menggunakan strategi yang menarik, untuk kondisi ekonomi dengan meminjam buku di perpustakaan, untuk motivasi yang rendah dengan menggunakan metode tanya jawab untuk memotivasi siswa, dan untuk daya pikir rendah dengan melakukan diklat atau latihan soal terus-menerus. Factor guru yang meliputi kurang pahamnya guru terhadap langkah-langkah penyusunan RPP, komponen RPP dan materi ajar PKn dengan membahas bersama guru lainnya atau dengan MGMP dan meningkatkan pengetahuan dengan mencari materi lewat internet dan buku lainnya. faktor waktu yaitu keterbatasan waktu dengan menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dengan waktu yang tersedia, dan faktor media yaitu ketidaklengkapan media dengan menyesuaikan metode dengan dan media yang tersedia di sekolah masing-masing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 17:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item