Korelasi Keaktifan Dalam Klub Olahraga, Motivasi, dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PJOK SD Se-Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul

Rejeki, Sri (2024) Korelasi Keaktifan Dalam Klub Olahraga, Motivasi, dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PJOK SD Se-Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_sri rejeki_21604251028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) korelasi keaktifan dalam klub olahraga terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK; (2) korelasi motivasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK; (3) korelasi gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK; (4) korelasi keaktifan dalam klub olahraga, motivasi, dan gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata Pelajaran PJOK. Penelitian ini dilakukan pada 22 Sekolah Dasar Se-Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul dengan jumlah responden 120 peserta didik Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) uji asumsi klasik terdiri dari uji normaliatas, uji liniearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikoloniearitas; (2) uji hipotesis terdiri dari, uji korelasi sederhana, uji regresi liner berganda, uji korelasi berganda, uji t, uji F serta uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada korelasi keaktifan dalam klub olahraga terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK, dibuktikan dengan rhitung = 0,700 < rtabel = 0,1509; (2) Ada korelasi motivasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK, dibuktikan dengan rhitung = 0,706 < rtabel = 0,1509;( 3) Ada korelasi gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK, dibuktikan dengan rhitung = 0,575 < rtabel = 0,1509; (4) Ada korelasi keaktifan dalam klub olahraga, motvasi, dan gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK, dibuktikan dengan rhitung = 0,770 < rtabel = 0,1509..

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, klub olahraga, motivai belajar, prestasi belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:58
Last Modified: 11 Mar 2025 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86154

Actions (login required)

View Item View Item