Arasy, Amalia Ayu Annuru (2025) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM SEKOLAH KELAS TAHFIDZ AL-QURAN DI SD NEGERI KARANGSARI KOTAGEDE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Amalia Ayu Annuru Arasy.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program sekolah kelas tahfidz Al- Quran di SD Negeri Karangsari Kotagede yang dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi; (2) Menemukan faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program sekolah kelas tahfidz Al-Quran di SD Negeri Karangsari Kotagede. Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus karena mengungkap suatu kekhasan khususnya program sekolah kelas tahfidz Al-Quran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangsari Kotagede. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru pengajar tahfidz, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pada pelaksanaan terdapat aspek perencanaan meliputi kurikulum sekolah yang memuat program kegiatan terkait karakter religius beserta indikator yang menjadi acuannya, melewati analisis potensi dan kebutuhan yang disesuaikan dengan indikator karakter religius, pembentukan tim, penyusunan program, dan sosialisasi kepada pihak terlibat terkait program kegiatan dan indikator karakter religius. Pada pelaksanaan program tahfidz Al-Quran terdapat metode dan strategi yang digunakan, kemudian rangkaian kegiatan meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang masing-masing kegiatan terdapat pendidikan karakter religius. Evaluasi kegiatan berupa penilaian tertulis yang disesuaikan dengan indikator karakter religius; (2) Ditemukannya pada pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program sekolah kelas tahfidz Al-Quran yaitu faktor pendukung dan penghambat baik secara internal maupun eksternal yang mempengaruhi jalannya kegiatan. Kata kunci: pelaksanaan, pendidikan karakter, karakter religius, tahfidz Al-Quran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:46 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |